Skip to main content

Karya Tulis Ilmiah : PEMANFAATAN DAUN JAMBU BIJI


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat, perlindungan  dan ridho-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas karya ilmiah dengan judul “ PEMANFAATAN DAUN JAMBU BIJI ”.
Penulisan karya ilmiah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas bidang studi bahasa Indonesia yang diberikan kepada kami oleh Bapak Drs. Hanafi H. Kadir . M.Kes. Agar kami dapat mengetahui serta memahami cara menyusun karya tulis yang dengan benar dan agar  dapat mengembangkan ilmu yang telah kami peroleh.
Kami sebagai penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian karya ilmiah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami mohon saran dan kritik yang  membangun untuk perbaikan karya tulis ini .
Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dosen Bahasa Indonesia yaitu Bapak Drs. Hanafi H. Kadir . M.Kes. Selaku guru yang memberikan tugas ini juga yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membuat karya ilmiah ini dan semua bentuk bimbingan serta pengajarannya yang kami terima dalam menyelesaikan penulisan karya ilmiah ini.                                     
   Makassar, JUNY 2013

                     PENULIS      
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................1
DAFTAR ISI............................................................................................... .2
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................ .3
1.1.                Latar Belakang Masalah………………………………3
1.2.                Perumusan Masalah………….………………….3
1.3.                Tujuan  Penelitian………………………………...4
1.4.                Manfaat Penelitian.. . .. . . ........... . . .…………..4
BAB 2  TINJAUAN  PUSTAKA . . . . . ... .  . . . . . .  . .  . . . . . . . . … 5
2.1. Pengertian Daun.. …………………………………. .5
2.2. Pengertian Jambu …………………………………..…6
BAB 3 METODE ............ . . . .. . . . .  . ..  . . ……………… . . . . ........7
          3.1. Waktu Dan Tempat Penelitian .………………………..….7
          3.2. Jenis Penelitian  …………….…………………..…….…8
          3.3. Teknik Pengambilan Data …………………………..…… 8
          3.4. Metode Deskriptif……………………………………...……9
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………….10
BAB 5 PENUTUP.. ……………………………………………………,,…16
          5.1.Kesimpulan……………………………………………………16
          5.2. Saran ……………………………………………………...….16
DAFTAR PUSTAKA  ………………………………………………….17



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.        LATAR BELAKANG  
                  Sebagai tanaman yang cukup potensial, tentunya jambu biji sudah sepatutnya untuk dikembangkan. Hasilnya selain dapat digunakan sebagai penganekaragaman menu rakyat, juga mempunyai prospek penting sebagai bahan dasar industri. Maka tidak terlalu bila di katakan bahwa, tanaman jambu biji ini jika di kembangkan akan menjadi tanaman komersial di bidang produk kecantikan.
                  Tanaman jambu biji biasa tumbuh di daerah yang dingin, tetapi ada juga ada juga jambu biji yang hidup di daerah tropis. Jambu biji merupakan suatu tumbuhan tanaman yang memiliki ketinggian mencapai 2 meter, berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih berasa manis, buah jambu biji di kenal banyak mengandung vitamin C.
1.2.  PERUMUSAN MASALAH
a.        Bagaiamana Proses pembuatan obat Jerawat dengan bahan dasar Daun jambu biji ?
b.        Bagaimana cara Pemanfaatan obat jerawt dengan bahan dasar daun jambu biji ?



1.3.  TUJUAN PENELITIAN
                  Penulisan Karya Ilmiah ini bertujuan :
1.    Untuk Mendeskripsikan proses pembuatan obat jerawat dengan bahan dasar daun jambu biji.
2.    Untuk Mendiskripsikan cara pemanfaatan obat jerawat dengan bahan dasar daun jambu biji.
1.5.    MANFAAT PENELITIAN
a.    Bagi Remaja dapat dijadikan alternative lain untuk menghilangkan jerawat; selain produk-produk kimia yang beredar di pasaran
b.    Selain itu obat ini tidak menimbulkan efek samping sehingga pemakaiannya aman.
c.    Karya Ilmiah ini juga dapat dijadikan bahan penelitian para peneliti untuk diteliti lebih lanjut sebagai produk kecantikan alami.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.        Pengertian Daun
Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari batang, umumnya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari melalui fotosintesis. Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotrof obligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
2.2.        Pengertian Jambu biji
Jambu biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil yang disebarkan ke Indoneia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih merah dan berasa asam manis. Buah jambu biji di kenal banyak mengandung vitamin C.
Jambu biji mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat penyakit dalam setiap 100 gram jambu biji yang masih segar terdapat 0,9 gram protein. 0,3 gram lemak 12,2 gram karbohidrat, 14 mg kalsium, 28 mg fosfor, 1,1 gram zat besi 25 vitamin A, 0,02 vitamin B1, 87 mg vitamin C, 86 gram air, dengan total kalori Kandungan vitamin C buah jambu biji sekitar 87 mg, dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lipat dari orange, serta delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Dibandingkan jambu air dan jambu bol, kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih besar.





BAB III
METODE PENELITIAN
3.1.         WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN
                        Penelitian ini dilaukan selama 2 minggu mulai dari hari Senin tanggal 20 MEI 2013 sampai dengan hari Minggu Tanggal 02 JUNY 2013 .Tempat penelitian dipusatkan di lingkungan Kampus II Fakultas Farmasi Univeristas Indonesia Timur, Makassar.
Tabel. Waktu dan Lokasi Penelitian
No
Jenis Kegiatan
Waktu
Tempat
1
Menerima tugas dari guru mata pelajaran
04 Mei 2013
Ruang C6
2
Membuat bab awal
20 Mei 2013
Di rumah penulis dan di Kampus
3
Mengelola hasil data
24 Mei 2013
Di Rumah penulis
4
Melanjutkan bab per bab dan merevisi yang perlu
28 Mei 2013
Di rumah penulis dan di Kampus
5
Merampungkan data dan hasil penelitian
30 Mei 2013
Di rumah penulis
6
Konsultasi dengan Dosen
Belum Dilaksanakan
Di Kampus

3.2 . Jenis Penelitian
            Karya Ilmiah ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Kualitatif dimana data diperoleh dari referensi  yang kita dapatkan dari internet.Dan secara Kuantitatif yaitu dengan mengadakan penelitian dan percobaan.
3.3 Teknik Pengambilan Data
            Teknik pengambilan data yang penulis lakukan adalah menggunakan teknik Pengumpulan data Secara umum dan Analisis, dimana data-data ini kumpul dari perpustakaan dan internet berupa tulisan dan Analisis dengan Deskripsi.
            Setelah penulis dapatkan hasil data yang penulis anggap cukup maka penulis menuangkan kedalam karya tulis ini dan ditunjang oleh literature yang penulis dapatkan di kampus.
3.4. Metode Deskriptif
            Cara pemanfaatan untuk menghilangkan jerawat :
ü  Cara 1 : ambil 2 buah daun jambu biji,
Cara Pembuatan : Haluskan daun jambu biji setelah itu dicampur dan di beri sedikit air.
Cara Menggunakan : Oleskan keseluruh wajah yang ditumbuhi jerawat, biarkan hingga kering. Kemudian bilas sampai bersih,lakukan 2x sehari.
ü  Cara 2 : Ambil 2 buah daun jambu biji.
Cara Membuat : Masukan daun jambu biji kedalam panic yang sudah berisi air,Tutup dan biarkan sampai mendidih. Setelah mendidih di Angkat kemudian di Saring.
Cara Menggunakan : Diminum 2x sehari pagi dan malam sebanyak ½ gelas dan lakukan secara teratur



BAB IV      
HASIL DAN PEMBAHASAN
              jambu biji telah terbukti sebagai obat verbal menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dijadikan sebagai bahan dasar jamu tradisional yang diakui secara nasional maupun internasional.
              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembuatan obat jerawat dengan bahan dasar temu giring dan daun jambu biji, dan cara pemanfaatannya.Dari eksperimen yang telah dilakukan bahwa proses pembuatan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu direbus dan dihaluskan, hasilnya bahwa proses pembuatan yang dihaluskan memberikan hasil yang lebih maksimal dari pada direbus
              Selain itu, cara pemanfaatan juga ada 2 yaitu dilumuri keseluruh wajah dan diminum.
              Daun jambu biji juga merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat penyakit dalam maupun sebagai obat jerawat.
Ada 2 cara proses pembuatan :
1.    Haluskan daun jambu biji kemudian dicampur dengan air. Kemudian dimasukan kedalam panci yang telah terisi air. Tutup dan biarkan sampai mendidih. Saring dan minum.
            Jerawat akan mengempis dan akan menghilang tidak meninggalkan bekas. Berdasarkan data yang tertera,maka dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan obat jerawat dari bahan dasar daun jambu biji adalah dengan menghaluskan daun jambu biji kemudian dicampur dengan air.
1.    Cara pemanfaatan reaksi ;
            Dioleskan keseluruh wajah, dan minum 3x sehari jerawat akan hilang menyeluruh,meninggalkan bekas. Dan ada yang hilang, tetapi tidak meninggalkan bekas. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa cara pemanfaatan obat jerawat dari bahan dasar daun jambu biji yang tepat adalah di oleskan keseluruh wajah.
Bagian  - bagian jambu biji yang digunakan yaitu bagian Pucuk daun jambu biji yang masih muda.
Khasiat Daun Jambu Biji memang tidak kalah populer dengan khasiat daun sirsak,daun salam dan daun binahaong. Daun jambu biji memang banyak di gunakan masyarakat indonesia sebagai pengobatan tradisional untuk diare namun ternyata banyak sekali khasiat daun jambu biji selain untuk pengobatan diare diantaranya sebagai antiinflamasi, antimutagenik, antimikroba dan analgesik. 
Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, flavonoid, polifenol, karoten dan tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. dalam berbagai penelitian pun di ungkapkan salah satunya yang di lakukan oleh Susi indriani tentang khasiat daun jambu biji sebagai anti oksidan. Ia melakukan pengujian antara daun jambu biji likal dengan daun jambu biji yang lainnya. Dalam pengujianya, ternyata daun biji lokal memiliki potensi anti oksidan yang lebih baik dari pada yang lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilNmyqPorUjJDgwCdH4GarjS2-yNDUUOz3yX3S8ChifOLTtHrTkagLl22KKUQS5pkEx2EbU9-tN5QWQsH6sNdVddZxlawceR-jhW54bNGRvEeWAWDB_HdlIUk8eiqYzrkMJFIqfTlv2Aw/s1600/daun+jambu+biji.jpeg

Adapun Beberapa khasiat daun jambu biji diantaranya adalah sebagai pengobatan untuk:

ü  Ambeien
Ambil beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.
ü  Kembung pada anak anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

ü  Diare dan disentri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBIiszcsG_cTiCjpG45XajsTxQSKLsQTYbUmZQbcPWyQ2sgQoUoGGgKXCprC6kihXi7gQwdr7Aa_5xJdR09TxXmHQ5fzSstvrAPAqNDMUbXKZG5sACtUBSjvO9mVOdSQeyk-ev1ySgmq4/s1600/cegah+diare.jpegUntuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tau. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:
Ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih
Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.
ü  Mencegah infeksi luka luar
Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.
ü  Menghilangkan jerawat
Petik daun jambu biji yang masih muda saja (pucuk daun jambu biji). Cuci bersih lalu tambahkan air sedikit dan remas-remas daun jambu biji dengan telapak tangan sampai berbusa dan oleskan ramuan daun jambu biji tersebut pada wajah yang berjerawat dan tunggu beberapa saat, kemudian ir bilas wajah sampai bersih dengan air bersih.
ü  Membersihkan Komedo dan wajah yang kotor
Ambil beberapa daun jambu biji yang masih muda, atau pucuknya, cuci bersih. Kemudian blender dengan air secukupnya. Setelah daun jambu biji diblender dan berubah menjadi cair dan encer, gunakan untuk menscrub wajah Anda yang banyak komedonya
ü  Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
      Dari hasil experimen yang telah kami lakukan menyatakan bahwa pemanfaatan temu giring dan daun jambu biji sebagai obat jerawat lebih tepat digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh wajah agar lebih maksimal hasilnya.
B.   Saran
Dengan adanya pemanfaatan ini diharapkan agar dapat menjaga kelestarian tumbuhan dan juga cara penggunaanya sehingga menghasilkan yang lebih baik.





DAFTAR PUSTAKA



Comments

  1. Saya di sini untuk berkongsi kesaksian saya tentang apa yang dilakukan syarikat pinjaman yang dipercayai untuk saya. Nama saya Nikita Tanya, dari Rusia dan saya ibu yang cantik dari 3 kanak-kanak saya kehilangan dana saya untuk mendapatkan pinjaman yang sangat sukar untuk saya dan anak-anak saya, saya pergi ke talian untuk mencari bantuan pinjaman semua harapan adalah hilang sehingga satu hari yang setia ketika saya bertemu kawan saya yang baru-baru ini memperoleh pinjaman dari Perkhidmatan Pendanaan Le_Meridian Dia memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang jujur ini yang membantu saya mendapat pinjaman dalam masa 5 hari kerja, saya akan berterima kasih untuk selama-lamanya kepada Bapak Benjamin, kerana membantu saya kembali berjalan kaki. Anda boleh menghubungi Encik Benjamin melalui e-mel: lfdsloans@lemeridianfds.com, mereka tidak tahu saya melakukan ini untuk mereka, tetapi saya hanya perlu melakukannya kerana ramai orang di luar sana yang memerlukan bantuan pinjaman sila datang ke syarikat ini dan selamatkan. Watsats: (+ 1 989-394-3740)

    ReplyDelete
  2. Betway Casino & Resort- NJ - Jtm Hub
    Join Betway Casino & Resort today and get 경상북도 출장안마 up to $1000 Welcome Bonus! · 남양주 출장샵 New Players Are Welcome! 천안 출장샵 · 서산 출장마사지 Deposit Options: · Bonus Code: · Mobile 남원 출장마사지 Application · Minimum Deposit: $20.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Laporan Lengkap IODIMETRI

LABORATORIUM KIMIA FARMASI FAKULTAS FARMASI   LAPORAN LENGKAP IODIMETRI   KELAS            : J. 12 ASISTEN       : AHSAR ISKANDAR S.Farm, Apt FAKULTAS FARMASI MAKASSAR 2013 BAB I PENDAHULUAN Titrasi iodometri dan iodimetri adalah salah satu metode titrasi yang didasarkan pada reaksi oksidasi reduksi. Metode ini lebih banyak digunakan dalam analisa jika dibandingkan dengan metode lain. Alasan dipilihnya metode ini karena perbandingan stokiometri yang sederhana pelaksanaannya, praktis dan tidak banyak masalah dan mudah. (Nurirjawati El Ruri, 2012)             Iodimetri adalah jika titrasi terhadap zat-zat reduktor dengan titrasi langsung dan tidak langsung. Dilakukan percobaan ini untuk menentukan kadar-kadar zat oksidator secara langsung, seperti kadar yang terdapat pada serbuk vitamin C. (Nurirjawati El Ruri, 2012)             Dalam bidang farmasi metode ini digunakan un